ZL Special 12 Element dari G2BCX

Sudah lama sekali saya searching di google baru saja saya dapat ZL special, yang di kutip dari G2BCX, sebenarnya saya mencari yang 5 atau yang 7 element, saya rasa berbeda ukurannya, tetapi masih belum saya dapatkan, kalau rekan – rekan ada yang memiliki skema yang 5 atau 7 element tolong dong bagi – bagi skemanya, saya mo bikin tuk 2 meter band.

zlspesial

Saya sangat suka sekali menggunakan zl special ini, dari apada gamma, t-match dan lain sebagainya, itu menurut saya … karena pengalaman saya menggunakan zl ini begitu memuaskan walaupun pada saat itu swr pada posisi 2:1, denger kabar sih memang zl ini susah di tunning, paling banter 1:5, tapi browsing2 ada yang bisa tunning sampai 1:3, dengan 2:1 saja saya sudah puas, apalagi swr kecil dari 1:5,

zl punya sudut sangat tipis, bayangkan saja, saya posisi di rumbai dengan jauh 8km ketengah kota pekanbaru, untuk posisi hangtuah dan jalan jendral harus memutar ini arahan, saya suka pakai stub di belakangnya biar tidak kosong signal.

Puasss … itulah yang saya rasakan menggunakan zl ini, tapi saya sekarang kehilangan skemanya yang 5 dan 7 element, terimakasih buat yang sudah hadirkan skema zl ini, saya tampilkan disini karena takut saya kehilangan lagi skemanya, sedangkan halaman G2BCX sudah ngga tahu lagi, thanks sekali lagi dan semoga juga bermanfaat buat yang mencari skema zl special ini.

PDF dapat di download disini

33 pemikiran pada “ZL Special 12 Element dari G2BCX

  1. Bang Isur ini bisa di pakai di 70 — 87 mhz broadband gak ya?
    atau mungkin ada yg punya hitung2annya? supaya bisa digunakan di frequenci manapun(vhf).
    saya masih awam. maklum kl pertanyaan saya aneh.
    salam knal. ni dr cirebon

  2. Boleh bagi Ilmunya Bang. untuk perhitungan ZL special seriesnya.
    o iya Bang, saya pernah baca di buku cara membuat Antena Amatir untuk ZL specil 2 – 5 elemen ada disana. tapi saya tidak tahu perhitungannya. untuk aplikasinya. habis ukurannya sudah jadi. Bang Isur mau kan untuk bagi ilmu untuk cara perhitungannya.
    kl keberatan di forum bisa di email saya.

  3. saya ada nih skema antena pengarah untuk FM .dari 3.elemen 5elemen 7elemen .jangan salah lho antena pengarah elemennya tidak ada yang genep seperti 4elemen atau 8 elemen . Selalu ganjil

  4. mas/om kentir…

    ada teorinya tidak anda bilang antenna pengarah selalu ganjil??
    biar rekan-rekan tidak terpatok pada teori anda yg bilang antenna pengarah selalu ganjil…
    saya kurang sependapat dengan kata ganjil tersebut..

    mi

    1. sama .. saya rasa kaga ngaruh si mo ganjil sama genap … semakin banyak semakin gede aja dibinya … cuma setau saya semakin jelimet seting na … kecuali pake analizer hohohoho

  5. Om smua saya pnya antena yagi 5 elmnt vhf/2m broadband.kalau swr di atas 3.0. Cuma bisa match pda 142.000-142.700.gmana caranya bisa match di skitaran 144.000 trim.s

  6. Mas, kalo saya rasa, buat ngejar DB-gain tertinggi masih dipegang ama Multi Beam deh..tapi ya betulkan kalo saya salah. Masalahnya saya pernah pakai yagi, super Boomer yang boomernya 17 meter itu, tetep bagus MB tuh..tapi MB balun kita ganti drivennya pake tapping..

  7. ass.. mas.. bisa gak antena Yagi 11 elemen ditingkat menjadi 2 Yagi atas bawah ? dan bagaimana penyambungan antara Feeder atas dan bawah, apakah menggunakan balun sebagai penyambungnya? mhon penjelasannya. trims .wassalam

    1. @adisuprianto..
      Ya bisa saja , sepengetahuan saya, biasanya antena yagi yang di gunakan di kita kebanyakan berpolarisasi vertikal,dengan elemen2 nya menghadap keatas, sehingga jika kita pasang 2 antena yagi, biasanya dipasang secara berdampingan di kiri dan kanan.

      Sedangkan untuk antena yagi yg dipasang bertingkat, satu di bawah dan satu diatas, biasanya berpolarisasi horizontal dengan elemen2 antena nya sejajar dengan bumi.

      itu juga menurut saya, mungkin ada rekan2 yg mau ngoreksi dan nambahin…..

      Mungkin ada yg bisa ngasih saya skema zl special secara lengkap, saya pingin coba membuatnya…

      mks…

  8. Jgn komentar ttg Antena kalo tdk punya dasar. Kalo hany tukang servis elektro. Bgt pula dgn yg dgr lalu kaya guru besar aja. Tuw menyesatkan. Anten arahan 3 – 12 elmnt smua polarisasi Horizontal biar dibolak balik standnya. Gitu juga genap ganjil antena,dan hrs ganjil,itu salah dan keliru besar. 1 elemnt pd pengarah berkisar 1.6 db. Jadi kalo makin byk jelas makin baik. Sisa anda puny selera. Kalo 5 dan 7elemnt,sama klas2 vertikal yg kekuatn gain db sekitar 8 db. sperti ringg 0,Haighein,dll. Nah gitu br cerdas. Untk elemen 5 dan 7 pd ZL KURANGI AJA dan kontrol dgn db meter. Pasti dapat. Pengalaman saya, antena ZL Adalah yg terbaik dari segala anten pengarah. Yg kedua Folded dipole 12 elemt. Yg 3 yagi dll. Sy sdh pernah tumbangkan sgala tipe anten didunia Komunikasi dgn menggunakn ZL 12 ELEMNT..JARAK TEMPUH kota bau2 ke makasar jeneponto Zl 12 elmnt.
    Ternate-manado tondano. TERNATE-bacan Halmahera selatn dgn antena Folded dipole 8 elemnt. Tp ZL Tdk ada tandingn untk komunikasi DX dgn pesawt standar Rig.

  9. hallo bang isur salam kenal ya. mau nanya ni… kl zl 12 elemen dg bumer 13b2 kencengan mana larinya ya. kayaknya dah bosan pake 13b2 mau coba zl yg 12 elemen aja. sm mau daftar member elektronik web id kok nggak bisa2 tlg kasih carannya bang ke emailku ya. helmimaulana@yahoo.co.id makasih sblumnya. salam. helmi >> borobudur jateng

  10. ZL ADALAH ANTENA TIPE ANTENA DX YG HANDAL…….MALAM INI MULTI BEEM 12 ELEMT…21 METER DARI GROUND DENGAN SWR 1:0 (SWR TUNNER) 90 WtAT HARUS ROBEK DAR ZL 12 ELEMENT, 13 METER DARI GROUD, DENGAN SWR 1:1,2, ICOM 2100 (45 WATT) JARAK TEMPUH +-200 MIL (PULAU BACAN TERNATE….SY MENJINAKAN SWR DENGAN MERUBAH STUB/SIRIP BELAKANG DGN ALMINIUM TIPIS 2mili. director 3 sy panjangkan dari 92.1 cm menjadi 95 cm, dan menggeser posisi dari 13 in menjadi 15 in demi menjinakan SWR 1:8 menjadi 1:2. Alhasil lawan kami YE8XW (dede)(multi beem 2 stik 12 element) saya YG8XIF (gajahmada) zl 12 elemnt 1 stik…..harus mengakui ketangguhan ZL si perobek jenis antena Beem! alhamdulillah,saya masih bangga menjaga karya nama : F,c.judd, (G2BCX). Sang ZL terhebat…!
    salam terbaik 73…….!

    1. MANTAP Juragan … saya yakin dengan hal itu … karena dengan mudah lawan 13 elemen dengan ekor 5 elemen ZL dengan stub kecil … apalagi dikasi depan … modar … I LOVE ZL …

  11. klo utk size okelah ZL termasuk beam yg mempunyai gain lumayan…tapi klo mo dibandingkan dgn high performance yagi ARRL yg versi 12 elemennya VS ZL 12 elemen,saya masih megang hi perform yagi…sdh pernah dicoba.

Tinggalkan komentar