Software Stereo Encoder FM (MPX)

Wah , ketemu juga hal yang dipengeni, tapi emang si harus memiliki soundcard yang mempunyai output respon sampai 192 KHz, biar bisa bekerja dengan normal lampu pilotnya, belom pernah coba sih tapi ini saya dapatkan dari situs bukan untuk coba2 kok, ya situs resmi lah gitu ….

ini versi yang gratisnya : http://www.diffusionsoftware.com/stereocoder.php

ada juga yang bayar kurang lebih 300 sammpe 400 ribuan plus RDS, kerennn ….

ini saya tampilkan screenshotnya :

Screenshot

Kalo dah ada yang coba kasi tau ya … hihihi kali aja mang ada yang mo coba, masalahnya saya lom sempet coba si, oya satu lagi ini ada sebagian soundcard yang suportt dan yang ngga sama program ini :

Soundcards

Soundcard yang sudah di test dan bekerja dengan baik :

Internal Soundcard

Eksternal Soundcard

soundcards yang belum di test tetapi mungkin bekerja dapat di gunakan:

Soundcard yang tidak berfungsinya software ini dengan baik :

Soundblaster yang tidak dapat bekerja:

  • Semua soundcard yang tidak support 192 kHz. sampling rate tidak sampai.
  • Soundblaster Live
  • Soundblaster Live 24 bit
  • Soundblaster Audigy 1

oya coba deh test dulu soundcardnya kamu punya, kali aja suport

coba download disini softwarenya : http://www.diffusionsoftware.com/downloads.php?id=2331923005

17 pemikiran pada “Software Stereo Encoder FM (MPX)

  1. Saya barusan dapet pinjaman soundcard ESI Juli@ buat software yang satu ini. Hasilnya mantap. Pemisahan kanalnya dapet 35 db. Sayang lom bisa nyobain RDSnya gara2 lom punya radio yang pake RDS

  2. Bisa minta penjelasan apakah output dari soundcard (yang bisa dipakai) bisa langsung di connectkan ke pemancar input mpx tanpa melewati perangkat mpx lagi. terima kasih

  3. Sofware encoder nih mas: Stereotool3.40, MPXtool, Breakway Broadcast program(BBP), stereo coder dll. Coba cari di um Geogle banyak deh yg jelasin secara gamblang (harus ngerti bahasa LONDO ).
    Cuma sayang bugjet nya terlalu mahal dibanding kita beli encoder hardware ( sekitar 400rb ) atau bila kita buat bisa lebih rendah (kualitas?). Bila kita pake software harus punya 2 bh soundcard, 1 sebagai player/input audio dan yg 2 sebagai mpx prossesornya. Untuk yg mpx prossesornya harganya mahal (di atas 1 juta) dg spesifikasi khusus harus bisa sampling bit 192 khz. Typenya ada di mas Izzur di atas. Sebenarnya saya pengin buat blog seputar sofware mpx stereo agar rekan2 sedikit faham mengenai hal ini, karena tdk ada waktu sorry hany bisa segini.. daa..

    1. ya benar mas banyak si software tools untuk stereo mpx, cuma berat di modal souncardnya saja, saya juga dah coba breakway broadcast, stereotool3, tapi kayanya keren yang breakway😀, karena dia langsung instalkan untuk virtual cable input souncard, jadi dengan 1 soundcard saja bisa, sebenarnya saya dulu iseng2 juga mas bikin blog ini untuk berbagi cerita… senang pada ngumpul teman2 elektronika disini … awal iseng jadi binun kalo ngga ada yang ngebantuin ngerespon… heheheh tapi ada juga dink teman2 yang ngebantu seperti busyetdah, bpak dan yang lainnya … mas ada ngga ya software untuk dolby NR type C … sampe sekarang nga ketemu2 hihihi

  4. Kita jangan terlalu berharap dengan stereo/exciter yang mempergunakan komputer. Kebanyak komputer bila dipakai hang atau setidaknya ada titik hang beberapa detik kemudian oin lagi. Misal stereo encodernya mati sebentar dan tak keluar audio bisa-bisa pendengar kabur. Atau juga yang pakai exciter lewat komputer (ditancapkan pada PCI). Bila komputer hang/istirahat sejenak pancarannya mati. Kesimpulan lebih baik pakai hardware saja alias steero encoder/exciter betulan dibanding yang virtual

  5. Saya udah nyobain stereo encoder ini, soundcard mobo yang udah support sampling sampai 192 khz adalah yang udah bisa 5.1 , gua udah coba di mobo Asrock G31MS. tapi belum pernah nyoba saya inputkan ke fm transmitter saya. trimmingnya sudah nyari output maksimal.
    rudik3055@yahoo.com

  6. mas mas yang baik, saya butuh bantuan nih, saya mau bikin acara karaokean di radio by phone. Yang jadi persoalan gimana cara menghilangkan vokal penyanyi ( saya udah coba pake balance tapi sebagian lagu ada yang vokalnya di L ada juga di R ) bagi pendengar yang pake penerima mono ini kayaknya jadi gak asik . Player nya aku pake PC bukan VCD Player. Ada gak software yang punya fasilitas kayak VCD player yang bisa ngilangin Vokal Penyanyi asli tapi music tetap ada di speaker L dan R. trims

Tinggalkan Balasan

