linux

Dnsmasq

Dnsmasq adalah ringan, mudah untuk mengkonfigurasi forwarder DNS dan DHCP server. Hal ini dirancang untuk menyediakan DNS dan, opsional, DHCP, untuk jaringan kecil. Hal ini dapat melayani nama mesin lokal yang tidak pada DNS global. Server DHCP terintegrasi dengan server DNS dan memungkinkan mesin dengan alamat DHCP-dialokasikan untuk muncul di DNS dikonfigurasi dengan nama baik dalam setiap host atau dalam file konfigurasi pusat. Dnsmasq mendukung statis dan dinamis DHCP sewa dan BOOTP / TFTP / PXE untuk boot jaringan mesin diskless.

Dnsmasq ditargetkan pada jaringan rumah menggunakan NAT dan terhubung ke internet melalui koneksi modem, kabel modem atau ADSL tapi akan menjadi pilihan yang baik untuk setiap jaringan bertubuh kecil (hingga 1000 klien dikenal untuk bekerja) di mana sumber daya yang rendah digunakan dan kemudahan konfigurasi penting.

Platform yang didukung termasuk Linux (dengan glibc dan uclibc), Android, * BSD, Solaris, dan Mac OS X. dnsmasq termasuk dalam setidaknya distribusi Linux berikut: Gentoo, Debian, Slackware, Suse, Fedora, Smoothwall, IP-Cop, floppyfw , Firebox, LEAF, Freesco, fli4l, CoyoteLinux, Endian Firewall dan Clarkconnect. Hal ini juga tersedia sebagai FreeBSD, OpenBSD dan NetBSD port dan digunakan dalam router nirkabel Linksys (DD-WRT, openwrt dan firmware saham) dan proyek m0n0wall.

Dnsmasq menyediakan fitur berikut:

Konfigurasi DNS dari mesin di belakang firewall yang sederhana dan tidak tergantung pada rincian dari ISP dns server
Klien yang mencoba untuk melakukan pencarian DNS sementara link modem ke internet sedang down akan waktu segera.
Dnsmasq akan melayani nama dari / etc / hosts pada mesin firewall: Jika nama mesin lokal yang ada, maka mereka semua bisa diatasi tanpa harus mempertahankan / etc / hosts pada setiap mesin.

Terintegrasi DHCP server mendukung statis dan dinamis DHCP sewa dan beberapa jaringan dan rentang IP. Ia bekerja di relay BOOTP dan mendukung opsi DHCP termasuk RFC3397 daftar pencarian DNS. Mesin yang dikonfigurasi oleh DHCP nama sudah otomatis termasuk dalam DNS dan nama dapat ditentukan oleh masing-masing mesin atau terpusat dengan mengasosiasikan nama dengan alamat MAC dalam file konfigurasi dnsmasq.

Dnsmasq cache alamat internet (catatan A dan catatan AAAA) dan pemetaan alamat-ke-nama (catatan PTR), mengurangi beban pada server hulu dan meningkatkan kinerja (terutama pada koneksi modem).

Dnsmasq dapat dikonfigurasi untuk secara otomatis mengambil alamat dari hulu nameserver dari ppp atau dhcp konfigurasi. Ini akan otomatis kembali informasi ini jika perubahan. Fasilitas ini akan sangat menarik bagi pengelola distribusi Linux firewall karena memungkinkan konfigurasi dns yang akan dibuat otomatis.
Pada kotak IPv6-enabled, dnsmasq berdua bisa berbicara dengan server hulu melalui IPv6 dan menawarkan layanan DNS melalui IPv6. Pada dual-stack (IPv4 dan IPv6) kotak itu berbicara kedua protokol dan bahkan dapat bertindak sebagai IPv6-to-IPv4 atau forwarder IPv4-to-IPv6.

Dnsmasq dapat dikonfigurasi untuk mengirim permintaan untuk domain tertentu ke server hulu penanganan hanya domain-domain. Hal ini membuat integrasi dengan sistem DNS pribadi mudah.

Dnsmasq mendukung MX dan SRV catatan dan dapat dikonfigurasi untuk kembali catatan MX untuk setiap atau semua mesin lokal.

kutipan : http://www.thekelleys.org.uk/dnsmasq/doc.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s