linux

Nagios – ipfire

oke bro … nulis2 lagi neh … dah lama ndak sekalian untuk primbon ku hwhwwhw semoga berguna
Dalam hal jaringan perlu banget namana monitoring… biasanya ada cacti,dedude na mikrotik, nagios dan banyak lagi … kebetulan saya pengguna IPFIRE … mongoo jalan2 ke forum na ada ko (forum.ipfire.web.id)

NAGIOS

instalasi pertama … cukup masuk ke Add ons na ipfire … tinggal next… next dan next …

ganti lah password nagios dengan merubah di ssh untuk default na login : nagiosadmin pass : nagios

 htpasswd -c /etc/nagios/htpasswd.users nagiosadmin 

trus silahkan login ke nagios na di

 http://ipfire:1008/nagios 

untuk menambah jaringan monitoring enak e instal dulu nano di ipfire … ngga sulit ko tinggal next next next di add ons na ..😀

di putty tinggal ketikan

 nano /etc/nagios/objects/localhost.cfg 

silahkan di edit dan ditambah network baru e … dah tu
control x dan enter

so reload nagios

 /etc/init.d/nagios reload 

tada … network monitoring selesei digunakan …

source code :
http://wiki.ipfire.org/en/addons/nagios/start
http://forum.ipfire.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s